PENGESAHAN
LAPORAN HASIL
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KECAMATAN
KEMBANG
Nama : Nisa’ul Musfidah
Nomor induk Siswa (NIS) : 13.234
Nomor induk Siswa Nasional (NISN) : 9980912172
Bidang Keahlian :Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian :Administrasi
Kompetensi Keahlian :Administrasi
Perkantoran
Disahkan
di : Jepara
Pada
tanggal : 20
Maret2015
Monitoring Pembimbing
Laporan
Mintarjo, S.Pd.I Nurul Zaenal,S.H.I
MENGETAHUI
Ketua Team Prakerin Pembimbing
Perusahaan
Ahmad Candra Setiawan,S.Pd. Muhammad Syafi’I, SH
NIP:
19630620 199012 1 001
Kepala SMK Kholiliyah Bangsri Kepala
Program Keahlian AP
Muhlisin, S.Pd.I Rr.
Nurjiwonggo K.,
S.Pd
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan penulisan laporan Praktik Kerja Industri
(Prakerin).
Penulisan
laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu syarat untuk
mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun pelajaran 2014/2015 dan laporan ini juga sebagai bukti
bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN),
laporan ini dapat disusun dan diselesaikan dengan baik berkat bantuan berbagai
pihak, baik dari pembimbing materi maupun teknis. Oleh karena itu, penulis
mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Bapak Muhlisin Azwumardi, S.Pd.I, selaku kepala SMK Kholiliyah
Bangsri,
2.
Bapak Muhammad Syafi’I, SH,selaku Camat Kembang
yang telah memberi izin kepada kami untuk melaksanakan praktik kerja industri
di Kecamatan Kembang.
3.
Ibu Nurjiwonggo Kusumiharsi,S.Pd, selaku
Kepala Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kholiliyah Bangsri.
4.
Bapak
Ahmad Candra Setiawan,S.Pd, selaku ketua Prakerin pada SMK Kholiliyah Bangsri
5.
Bapak
Mintarjo, S.Pd.I,selaku pembimbing internal (Monitoring)
prakerin
di Kecamatan Kembang.
6.
Bapak Nurul Zaenal, S.H.I, selaku
pembimbing karya tulis yang senantiasa menemani dalam pembuatan karya tulis.
7.
Bapak Hariyono, selaku pembimbing
eksternal (Pembimbing Perusahaan)di
Kecamatan
Kembang yang
banyak membimbing dalam pelaksanaan prakerin.
8.
Semua
karyawan-karyawati dan seluruh staf diKecamatan Kembang.
9.
Bapak dan Ibu guru dan semua
staf/karyawan karyawati di SMK Kholiliyah Bangsri
10.
Kedua Orang Tua tercinta dan kakakku yang telah mendukung, mendo’akan, memotivasi,
dan memberikan bantuan baik moril maupun materiil.
11.
Dan semua pihak yang telah membantu
proses penulisan laporan, sehingga laporan ini dapat penulis selesaikan dengan
baik.
Penulis menyadari bahwa laporan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini
masih belum sempurna, untuk itu mengharapkan kritikan, saran, dan masukan yang
bisa membangun untuk melengkapi kekurangan penulisan laporan ini, semoga
laporan Pratik Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat memberi manfaat bagi penulis
khususnya dan bagi pembaca.
Jepara,20
Maret2015
Penulis,
Nisa’ul
Musfidah
NIS : 13.234
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..................................................................................
ii
HALAMAN
PENGEAHAN......................................................................
iii
KATA PENGANTAR................................................................................ iv
DAFTAR ISI............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.................................................................................. viii
DAFTAR TABEL....................................................................................... ix
BAB 1 PENDAHULUAN.............................................................. 1
1.1. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Kerja
Industri.......... 1
1.2. Tujuan Pelaksanaan Praktik Kerja
Industri........................ 3
1.3. Manfaat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri..................... 3
1.3.1.
Bagi
Penulis................................................................ 3
1.3.2.
Bagi
Akademis............................................................ 4
1.3.3.
Bagi
Pembaca.............................................................. 4
1.3.4.
Bagi
Perusahaan.......................................................... 4
1.4. Metodologi Penelitian........................................................ 4
1.4.1.
Sumber
Data............................................................... 4
1.4.2.
Metode
Pengumpulan Data........................................ 5
1.5. Sistematika Penulisan Laporan.......................................... 6
1.5.1.
Bagian Awal Laporan................................................. 6
1.5.2.
Bagian Isi Laporan...................................................... 6
1.5.3. Akhir........................................................................... 7
BAB II TINJAUAN UMUM OBYEK PRAKERIN...................... 8
2.1. Sejarah Singkat Kecamatan Kembang............................... 8
2.2. Struktur Organisasi Kecamatan Kembang......................... 9
2.3. Tugas dan Fungsi............................................................... 11
2.3.1.
Camat.......................................................................... 11
2.3.2.
Sekretaris
Camat......................................................... 11
2.3.3.
Sub
Bagian Perencanaan dan Keuangan..................... 12
2.3.4.
Sub
Bagian Umum dan Kepegawaian........................ 13
2.3.5.
Kasi
Tata Pemerintah.................................................. 14
2.3.6.
Kasi PMD dan Perekonomian.................................... 15
2.3.7. Kasi Pelayanan
Umum............................................... 15
2.3.8. Kasi Trantib dan PP.................................................... 16
2.3.9. Kasi Sosial dan
LH.................................................... 17
2.4. Gambaran dan Stategi Kecamatan
Kembang.................... 18
BABIII LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN.............................. 19
3.1. Tugas
– tugas yang dilaksanakan....................................... 19
3.1.1.
Kasi Pelayanan Umum............................................. 19
3.1.2.
Kasi Pemerintah........................................................ 20
3.1.3.
Sekretariat 22
3.2. Masalah
/ Problem yang dihadapi...................................... 23
BAB IV PENUTUP........................................................................... 26
4.1. Kesimpulan........................................................................ 26
4.2. Saran.................................................................................. 26
4.3. Kata
Penutup..................................................................... 28
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. x
LAMPIRAN- LAMPIRAN........................................................................ xi
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1. : Gambar kantor Kecamatan Kembang.................................... 8
Gambar
2.2. : Struktur Organisasi Kecamatan Kembang.............................. 10
Gambar
3.1. : Contoh Kegiatan Mengagenda Proposal................................. 20
Gambar
3.2. : Contoh Kegiatan di Kasi Pemerintah...................................... 22
Gambar 3.3. : Contoh Kegiatan di Bagian Sekretariat.................................. 24
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel
2.1. : Nama Desa di Kecamatan Kembang........................................... 8
Tabel
2.2. : Nama Pegawai dan Jabatan di Kecamatan Kembang................. 9
Tabel
3.1. : Rekap Kerja di Kasi Pelayanan Umum....................................... 20
Tabel
3.2. : Rekap Kerja di Kasi Pemerintah................................................. 22
Tabel
3.3. : Rekap Kerja di Bagian Sekretariat.............................................. 23
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang Pelaksanaan Praktik
Kerja Industri
(PRAKERIN)
Dalam
eraglobalisasi ini, kita sebagai
warga negara yang
berkewajiban memajukan negara,
dengan cara meningkatkan sumber daya manusia yang handal, sehingga mampu
bersaing dengan negara lain, oleh sebab itu sejak dini kita dilatih untuk mengembangkan keahlian-keahlian yang kita miliki demi terciptanya sumber daya yang berkualitas dan
handal.
Untuk mencapai tersebut di atas maka didirikan Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) dengan berbagai macam
jurusan seperti administrasi perkantoran, TKJ, multi media dan lain-lain. Sekolah
Menengah Kejuruan adalah sekolah yang setara dengan Sekolah Menengah Atas
(SMA), selain mempelajari keahlian khusus SMK juga mempelajari ilmu umum
seperti yang dipelajari SMA. Selain itu SMK juga memiliki Pendidikan Sistem
Ganda atau pada waktu sekarang
dengan istilah Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian
profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di
sekolah dan penguasaan keahlian profesional tertentu.
Salah satu kegiatan PSG adalah
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Praktik Kerja Industri harus di laksanakan di dunia usaha/ industri
yang menjadi institusi pasangan SMK untuk membantu menciptakan tamatan yang
memiliki ketrampilan dan keahlian yang profesional sesuai dengan tuntunan
dunia/ industri dalam bidang ketenagaan
Pada
orientasi pasar dilaksanakan di dunia industri, upaya ini dilaksanakan dalam
rangka meningkatkan mutu dan kualitas tamatannya, sehingga tercapai relevensi
antara dunia pendidikan dengan lembaga yang membutuhkan tenaga kerja.Pada
orientasi pasar dilaksanakan di Dunia Industri (DU). Upaya ini dilaksanakan
dalam rangka meningkatkan mutu dan tamatannya, sehingga tercapai relevensi
antar dunia pendidikan dengan lembaga
yang membutuhkan tenaga kerja. Ada beberapa peraturan tentang Praktik KerjaIndustri
(PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) adalah sebagai berikut:
1.
Tercantum pada UU No.2 tahun 1989
tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, dan / atau latihan bagi peranannya di masa yang
akan datang.
2.
Peraturan Pemerintahan No. 29 tahun 1990
tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik
sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta
didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk
mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) serta kebudayaan.
3.
Peraturan Pemerintahan No. 39 tahun 1992
tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
4.
Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang
Kurikulum SMKyang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan
melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar
sekolah”1.[1]
1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri
Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan
dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan
serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan
kenyataan yang ada di lapangan.
2. Mengetahui
secara langsung pengaplikasian dari teori yang telah diperoleh dari bangku
sekolah.
3. Meningkatkan
hubungan kerja sama antara instansi dan sekolah.
4. Memperoleh
wawasan tentang dunia kerja yang telah diperoleh dilapangan.
5.
Lebih dapat memahami konsep-konsep non
akademis didunia kerja.
6. Agar
dapat mengetahui langsung tentang dunia kerja.
7. Menghasilkan
tenaga kerja yang berkualitas yang mampu bersaing secara mental dan mempunyai
akhlak yang mulia1.
8. Untuk
mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan Kholiliyah Bangsri .
1.3.
Manfaat
Praktik Kerja Inudstri
1.3.1.
Manfaat
bagi penulis
1.
Dapat memperoleh gambaran dunia kerja
yang nantinya berguna bagi yang bersangkutan apabila telah berada dilingkungan
kerja, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan dunia kerja.
2.
Dapat mengaplikasakan ilmu dan
ketrampilan yang telah diperoleh pada masa sekolah dan menambah wawasan juga
pengalaman.
3.
Dapat mengetahui perbandingan antara
teori yang diajarkan oleh guru di sekolah dengan praktik di lapangan. Khususnya
di KECAMATAN KEMBANG
4.
Meningkatkan kedisiplinan, jujur,
tanggung jawab, serta ulet dan tekun dalam bekerja.
1.3.2. Manfaat
Bagi Akademis
1.
Dapat meningkatkan kerjasama antar lembaga
pendidikan Akademik dan Instansi.
2.
Dapat mempromosikan keberadaan Akademik
di tengah-tengah dunia kerja khususnya Instansi yang bersangkutan. Sehingga
dapat mengantisipasi kebutuhan dunia kerja akan tenaga kerja yang profesional
dan kompeten dalam bidang masing-masing.
3.
Tercapainya tujuan praktik kerja
industri.[2]
1.3.3. Manfaat Bagi Pembaca
1.
Dapat mengambil pelajaran dan manfaat
dari membaca laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
2.
Dapat mengambil informasi untuk laporan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
3.
Dapat menambah wawasan dan pengalaman
yang lebih luas.
4.
Dapat menambah ilmu dan mengerti
kegiatan yang ada di instansi tersebut
1.3.4. Manfaat
Bagi Perusahaan
1.
Dapat meningkatkan kerjasama antara
SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) dan Instansi atau Lembaga.
2.
Dapat membantu Instansi atau Lembaga
dalam proses Administrasi sehari-sehari.
3.
Peserta didik dengan tenaga kerja yang
dapat meningkatkan keuntungan.3
4.
Meringankan kerja pegawai di instansi
1.4.
Metodologi
Penelitian
1.4.1.
Sumber
Data
Data-data
yang diambil dalam laporan ini bersumber dari:
1.
Lingkungan sekitar tempat PRAKERIN
(Perusahaan).
2.
Dokumentasi (data-data) dan arsip
perusahaan.
3.
Berdasarkan pengalaman dari guru-guru
atau karyawan.
4.
Berdasarkan kumpulan data-data yang ada
di internet.
5.
Pimpinan Perusahaan dan
karyawan-karyawati di Instansi.
1.4.2.
Metode
Pengumpulan Data
Ada
beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pengumpulan data. Adapun teknik yang
digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)
Teknik Observasi atau Pengamatan
Lapangan
Adalah teknik pengumpulan data dengan melakukan
pengamatan secara langsung terhadap suatu objekpengamatan dengan mencatat
hal-hal penting yang berhubungan dengan laporan tugas akhir yang akan penulis
sampaikan, sehingga diperolah data yang lengkap dan akurat. Penulis menggunakan
metode ini untuk mengamati situasi dan kondisi dalam kegiatan kerja di suatu
perusahaan atau industri.
2)
Teknik Studi Pustaka
Adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan data atau
mengumpulkan sumber-sumber tertulis yang penting dan berhubungan dengan masalah
yang sedang dibahas guna memperoleh gambaran secara teoritis yang dapat
menunjang terhadap penyusunan laporan.
3)
Teknik Interview atau Wawancara
Adalah usaha untuk mengumpulkan informasi
dengan mengajukan sejumlah pertanyaan secara lisan untuk di jawab secara lisan
juga. Teknik ini penulis menggunakan untuk wawancara dengan pimpinan dan
karyawan perusahaan untuk mengetahui bagaimana suatu sistem kinerja perusahaan
tersebut.
4)
Teknik Dokumentasi
Adalah
mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan transkip, buku,
surat kabar, majalah, prestasi serta benda-benda yang akan memberikan
bermacam-macam keterangan penulis menggunakan metode ini untuk memperoleh data
tentang kondisi suatu perusahaan.[3]
1.5.
Sistematika
Penulisan Laporan
1.5.1. Bagian Pertama (Bagian Awal
Laporan)
Dalam bagian ini terdiri dari beberapa
aspek, diantaranya adalah halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar,
daftar isi, daftar
gambar, dan daftar tabel.
1.5.2.
Bagian
Kedua (Bagian Isi Laporan)
Pada
bagian ini terdapat beberapa bab yaitu:
BAB I : PENDAHULUAN
Di dalam bab ini
meliputi latar belakang pelaksanaan praktik kerja industri, tujuan pelaksanaan
praktik kerja industri, manfaat pelaksanaan praktik kerja industari bagi
penulis, bagi akademis, bagi pembaca, bagi perusahaan, dan juga metode penelitian,
sumber data, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan laporan.
BAB II : TINJAUAN UMUM OBYEK
PRAKERIN
Bab
ini membahas tentang sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, tugas dan
fungsi masing-masing anggota instansi dan gambaran atau strategi perusahaan.
BAB III : LAPORAN
KEGIATAN PRAKERIN
Bab
ini berisi tentang pengalaman selama prakerin, tugas-tugas yang dikerjakan yang
berkaitan dengan administrasi perkantoran, pekerjaan penunjang lainnya, dan
problem atau masalah-masalah yang dihadapi.
BAB
IV : PENUTUP
Dalam
bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran.
1.5.3.
Bagian
Ketiga ( Akhir)
Pada
bab ini terdapat daftar pustaka dan lampiran-lampiran
BAB II
TINJAUAN UMUM OBYEK PRAKERIN
2.1.
Sejarah Singkat Kecamatan
Kembang
Gambar2.1 :
Gambar Kantor Kecamatan Kembang
Sejarah
singkat dari Kecamatan
Kembang itu karena adanya pemekaran wilayah. Dari yang
asalnya hanya satu
Kecamatan yaitu Kecamatan
Bangsri dan mulai
tahun 2001
Kecamatan Bangsri dibagi
menjadi (2) dua
yaitu Kecamatan Bangsri
dan Kecamatan Kembang.Pada waktu itu Camat Bangsri Bapak
Wahyu Jatmiko,BA sebagai pihak pertama menyerahkan wilayah kecamatan kembang
kepada pihak kedua kepada Camat Kembang Bapak Heridarto Julistyono,SH pada hari
Rabu 17 Januari 2001, dan yang menyaksikan serah terima wilayah tersebut Bupati
Jepara Bapak Drs. Soenarto.Sejak Pemecahan itu
terjadi, Kecamatan Kembang pada
tahun 2001 wilayah di Kecamatan
Kembang terdiri dari 11 desa
yaitu :
NO
|
NAMA
|
1
|
Jinggotan
|
2
|
Pendem
|
3
|
Dudakawu
|
4
|
Kancilan
|
5
|
Tubanan
|
6
|
Kaliaman
|
7
|
Balong
|
8
|
Cepogo
|
9
|
Bucu
|
10
|
Sumanding
|
11
|
Dermolo
|
Tabel 2.1 : Nama
Desa diKecamatan Kembang
2.2.Struktur Organisasi
Dalam
kantor Kecamatan Kembang, struktur organisasinya terdiri dari Camat yaitu Bapak
Muchamad Syafi’i,SH Sekretariat Camat yaitu Bapak Sutarno,SE.MM Sub Bagian
Perencanaan dan Keuangan yaitu Bapak Gunadi Slamet, Sub Bagian Umum dan
Kepegawaian yaitu Ibu Zumaroh Seksi Tata Pemerintah yaitu Bapak Untung Sutarno,
Seksi Ketentraman Ketertiban Umum (TRANTIB) dan Pengamanan Pantai yatu Bapak Mulyanto,
Seksi Sosial dan Lingkungan Hidup (LH) yaitu Dwi Raharjo,SH.MH, Seksi PMD dan
Perekonomian yaitu Bapak Eko Subiyakto, Seksi Pelayanan Umum yaitu Bapak Nur
Achrianto.
Daftar Nama Pegawai dan Staf di Kecamatan Kembang :
NO
|
JABATAN
|
NAMA
|
1
|
CAMAT
|
Muchamad Syafi'i,SH.
|
2
|
SEKCAM
|
Sutarno,SE.MM
|
3
|
KA SUB BAG. KEU DAN PERENC
|
Gunadi Slamet A
|
4
|
KA SUB BAG UMUM
|
Zumaroh
|
5
|
KASI PEMERINTAH
|
Untung Sutarno
|
6
|
KASI TRANTIB
|
Mulyanto
|
7
|
KASI PMD
|
Eko Subiyakto
|
8
|
KASI SOSIAL
|
Dwi Raharjo,SE.MM
|
9
|
KASI PELAYANAN UMUM
|
Nur Achrianto
|
10
|
STAF KASI SOSIAL DAN
LH
|
Sri Suciati
|
11
|
STAF KASI PELAYANAN
UMUM
|
Sukari
|
12
|
STAF KASI PEMERINTAH
|
Nuryana
|
13
|
STAF KASI PMD
|
Mustono,SE
|
14
|
STAF KASI PEMERINTAH
|
Hariyono
|
15
|
STAF KASI PEMERINTAH
|
Zaenal Purwanto
|
16
|
STAF BAGIAN KEUANGAN
|
Ulfa Munawarotul M
|
17
|
STAF BAGIAN UMUM
|
Selmi Fristiwati
|
18
|
STAF
|
Ali Imron
|
19
|
STAF
|
Suprastyo
|
Tabel 2.2 : Nama pegawai dan Jabatan diKecamatan
Kembang
Gambar 2.2 : Struktur Organisasi diKecamatan Kembang
2.3.Tugas dan Fungsi
2.3.1. Camat
Tugas Camat :
Melaksanakan kewenangan Pemerintah
yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan Otonomi Daerah
Fungsi camat :
1. Mengkoordinasikan
kegiatan pemberdayaan masyarakat.
Mengkoordinasikan
upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum.
2. Mengkoordinasikan
penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan.
3. Mengkoordinasikan
pemeliharaan
prasarana danfasilitas
umum.
4. Mengkoordinasikan
penyelenggaraan kegiatan pemerintah di tingkat kecamatan.
5. Membina
penyelenggaraan pemerintahan Desa.
6.
Melaksanakan pelayanan masyarakat
yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan yang belum dapat dilaksanakan Pemerintah Desa
7. Pelaksanaan
tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya
1.3.2.
Sekretaris
Camat
Tugas sekretaris Camat :
Membantu Camat dalam melaksanakan pembinaan
administrasi yang meliputi pengelolaan ketaausahaan, kerumahtanggaan,
kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan menyusun program kerja dan laporan
serta memberikan layanan teknis administratif kepada seluruh satuan organisasi
pemerintah kecamatan.
Fungsi Sekretaris Camat :
1.
Penyusunan
rencana kegiatan dan program kerja kecamatan.
2.
Pengelolaan administrasi
keuangan
3.
Pembinaan administrasi dalam
arti melakukan urusan ketatausahaan, kepegawaian, perlengkapan, kerumahtanggaan
dan perjalanan dinas.
4.
Pelayanan administrasi
5.
Pelayanan tugas-tugas lain yang
diberi oleh canat sesuai tugas dan fungsinya.
1.3.3.
Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
Tugas Sub
Bagian Perencanaan dan Keuangan :
Melaksanakan penyusunan rencana dan evaluasi pelaksanaan program
kegiatan serta laporan instansi, admistrasi piñata usaha keuangan, pengelolaan
keuangan dan pertanggungjawaban admministrasi keuangan.
Fungsi Sub Bagian Perencanaan dan
Keuangan :
1. Perencanaan kegiatan dan
pengendalian program kerja
2.
Penyusunan
dan Pengkoordinasikan penyusunan rencana strategis, penetapan kinerja, dan RKA
3. Pengkoordinasian penyiapan bahan
perumusan kebijakan teknisi di bidang perencanaan dan keuangan
4.
Perencanaan
keuangan masyarakat
5.
Penyusunan
anggaran belanja Kecamatan
6.
Pelaksanaan
kegiatan perbendaharaan meliputi pembukuan, verifikasi, rekapitulasi, dan
dokumentasi pelaksanaan belanja.
7.
Penyusunan
laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan
8.
Pelaksanaan
koordin asian secara internal dilingkungan unit kerja
9.
Pelaksanaan
dan pengkoordinasian pengelolaan administrasi keuangan dan akuntasi kecamatan
10.
Pembuatan
laporan sesuai dengan bidangnya
1.3.4. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Tugas Sub Bagian Umum dan
Kepegawaian:
Menyelenggarakan urusan surat
menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan dan
kepegawaian
Fungsi Sub Bagian Umum dan
Kepegawaian :
1.
Penyusunan
rencana kegiatan kecamatan
2.
Penyusunan
naskah laporan kegiatan kecamatan
3.
Pembuatan
laporan kegiatan kecamatan
4.
Penyususnan
rencana anggaran kebutuhan barang
5.
Penyusunan
data dan administrasi inventaris barang
6.
Pelaksanaan
ketatalaksanaan umum meliputi administrasi umum, surat menyurat, kearsipan, dan
administrasi kepegawaian
7.
Pelaksanaan
kegiatan rumah tangga dan perjalanan dinas
8.
Pelaksanaan
pengadaan sarana dan prasarana perkantoran
9.
Pelaksanaan
pengelolaan barang inventaris kantor
10. Pengurusan mutasi, diklat,
kesejahteraan pegawai, hak dan kewajiban pegawai
1.3.5. Kasi Tata Pemerintahan
Tugas kasi tata pemerintah
Melaksanakan urusan pemerintahan
umum, pembinaan pemerintah, administrasi kependudukan, pertahanan dan pembunaan
politik dakam negeri
Fungsi kasi tata pemerintah :
1.
Penyusunan
program dan pembinaan penyelenggaraan pemerintah umum dan desa
2.
Pelaksanaan
pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintah desa
3.
Pemberian
bimbingan, supervisi, fasilitas, dan komsultasi pelaksanaan administrasi desa
4.
Pembinaan
dan pengawasan terhadap kepala desa
5.
Pembinaan
dan pengawasan terhadap perangkat desa
6.
Evaluasi
penyelenggaraan pemeritah desa di tingkat kecamatan dan melaporkan pelaksanaan
pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa di tingkat kecamatan
7.
Penyusunan
program dan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil
8.
Penyusunan
program dan pembinaan kegiatan sosial politik, ideologi negara dan kesatuan
bangsa
9.
Pembinaan
urusan pertahanan
10.
Koordinasi
dengan satuan kerja perangakat daerah dan instansi vertical dibidang
penyelenggaraan kegiatan pemerintah
1.3.6. Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dan Perekonomian
Tugas kasi pemberdayaan masyarakat
desa (PMD) dan perekonomian :
Melaksanakan pembinaan pemberdayaan
masyarakat desa dan perekonomian, produksi, dan distribusi
Fungsi kasi pemberdayaan masyarakat
desa (PMD) dan perekonomian :
1.
Penyusunan
program dan pembinaan pemberdayaan masyarakat desa
2.
Penyusunan
program dan pembinaan perekonomian masyarakat, produksi dan distribusi
3.
Koordinasi
penyelenggaraan perekonomian diwilayahnya
4.
Pemningkatan partisipasi masyarakat untuk ikut
serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dan forum musyawarah
perencanaan pembangunan di desa dan kecamatan
5.
Pembinaan
dan pengawasan terhadap keseluruh unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang
mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja
kecamatan
1.3.7. Kasi Pelayanan Umum
Tugas kasi pelayanan umum :
Memberikan pelayanan kepada
masyarakat di bidang perizinan, administrasi dan lain-lain pelayanan masyarakay
sesuai kewenangannya
Fungsi kasi pelayanan umum :
1.
Penyiapan
sarana dan prasarana pelayanan
2.
Perencanaan
kegiatan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan
3.
Pelaksanaan
percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya
4.
Pembinaan
dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan
5.
Evaluasi
terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat diwilayah kecamatan dan melaporkan
pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat diwilayah kecamatan kepada
buapati
6.
Penyelenggaraan
pelayanan umum
7.
Pengelolaan
administrasi pelayanan
8.
Pemasangan
standar pelayanan
9.
Pelaksanaan
tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tugas dan fungsinya
1.3.8. Kasi Ketrentaman Dan Ketertiban (TRANTIB)
Tugas kasi ketentraman dan
ketertiban :
Melakukan pembinaam ketentraman dan
ketertiban serta pembinaan polisi pamong praja
Fungsi kasi ketentraman dan
ketertiban :
1.
Penyusunan
program pembinaan dan ketertiban umum
2.
Penyelenggaraan
pembinaan ketentraman dan ketertiban umum
3.
Pelaksanaan
dan penyelenggaraan pembinaan Polisi Pamong Praja
4.
Koordinasi
dengan kepolisian Negara Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia
mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum
diwilayah kecamatan
5.
Koordinasi
dengan pemuka agama yang ada diwilayah kerja kecamatan untuk mewujudkan
ketentraman dan ketertiban umum masyrkat diwilayah kecamatan
6.
Pelaporan
pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban kepada bupati
1.3.9. Kasi Sosial dan LH
Fungsi kasi sosial dan LH :
10. Mengumpulkan, mengolah dan
mengevaluasi data dibidang perekonomian, fisik dan prasarana wilayah.
11. Menyiapkan bahan pembinaan terhadap
perkoperasian, pengusaha ekonomi lemah dan kegiatan perekonomian lainnya dalam
rangka meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat.
12. Menyiapkan bahan pembinaan,
pengelolaan kekayaan dan inventarisasi kelurahan.
13. Menyiapkan bahan pembinaan,
kebersihan, keindahan, pertamanan, dan sanitasi lingkungan.
14. Menyiapkan bahan pembinaan dan
pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum.
15. Menyiapkan bahan evaluasi dan
menyusun laporan dibidang perekonomian, fisik dan prasarana wilayah.
16. Melaksanakan koordinasi dan
kerjasama dengan instansi terkait, lembaga non pemerintah dan masyarakat dalam
rangka kelancaraan pelaksanaan tugas.
17. Melaksanakan tugas – tugas lain yang
diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.
1.4.
Gambaran dan Strategi
Perusahaan
Semua
perusahaan pasti memiliki gambaran untuk menjadikan perusahaannya menjadi lebih
maju dan menjadi yang terdepan, seperti kantor Kecamatan Bangsri yang memiliki
gambaran perusahaan sebagai berikut :
VISI DAN MISI KECAMATAN KEMBANG
Visi kecamatan kembang :
“Terwujudnya kecamatan kembang
yang damai, sejuk dan suasana tentram didukung dengan Sumber Daya Masyarakat
yang berkualitas, religious, serta pelayanan prima kepada masyarakat”
Misi kecamatan kembang :
Ø Terwujudnya aparatur kecamatan
yang berkompeten sebagai modal dasar untuk pengelolaan dan penyelenggaraan
administrasi pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat
Ø Terciptanya masyarakat yang
disiplin dan tertib hukum dalam
kegiatan kemasyarakatan yang bertanggungjawab
Ø Meningkatkan dan memberdayakan
pembelajaran kepada masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan menuju
kemandirian
Ø Meningkatkan pelayanan kepada
masyarakat secara mudah, cepat, murah dam memuaskan
Ø Penataan dan optimalisasi jaringan
kerja yang kondusif bagi pelaksanaan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan
serta kegiatan keagamaan
Ø Mengembangkan potensi masyarakat
dengan memberikan motifasi, fasilitas, dan dinamisator dalam sektor-sektor
unggulan pada masyarakat
Ø Mewujudkan kedisiplinan,
keterbukaan, kejujuran, keadialan, ketaatan, dan ketekunan sebagai modal
penyelenggaraan pemerintah
BAB
III
LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN
3.1.TUGAS-TUGAS
YANG DILAKSANAKAN
Alhamdulillah,
berkat Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT, pelaksanaan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) di kantor Kecamatan Kembang, yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2014 – 27 Februari 2015 dapat berjalan dengan lancar. Seluruh
praktikan yang mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di kantor Kecamatan
Kembang berjumlah 2 siswa.
Dalam
pelaksanaanPraktik Kerja Industri (PRAKERIN), setiap praktikan diberi tugas
yang sesuai dengan bidang keahlian yang disesuaikan oleh perusahaan tempat
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), selain itu penyusun juga mendapat tugas penunjang
lainnya.Adapun penulis diberi tugas sebagai berikut :
3.1.1.
Kasi Pelayanan Umum
Tugas utama penulis dikasi pelayanan umum
adalah melayani masyarakat dalam legalisasi surat, SKCK (Surat Keterangan
Catatan Kepolisian), Proposal,
pindah
nikah/NTCR,
Ijin keramaian/ hiburan,
SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Penulis juga diminta untuk mencatat setiap
orang yang akan ijin membuat usaha (SIUP) dan reklame. Serta Penulis juga
diminta untuk mengetik surat dan tugas-tugas lain yang diberikan kepala kasi.
Penulis dalam
menangani proposal hanya mengagenda/ mencatat pada buku dan memberikan nomor
agenda pada setiap surat-surat yang masuk,memintakan tanda tangan
pak Camat, sampai menyerahkan kembali proposal yang tadinya diajukan, tapi
sebelum proposal diberikan kembali, pihak kecamatan meminta satu proposal
sebagai arsip di kecamatan.
Sedangkan dalam legalisasi suratSKCK
(Surat Keterangan Catatan Kepolisian), pindah nikah/NTCR, Ijin keramaian/ hiburan, SKTM (Surat Keterangan Tidak
Mampu) penulis memintakan tanda tangan kepada kepala kasi atau jika tidak ada
meminta tanda tangan kepada staf kasi tersebut.
Gambar 3.1. : Kegiatan
di kasi pelayanan umum
NO
|
TANGGAL PEMBERIAN TUGAS
|
KEGIATAN
|
YANG
MEMBERI TUGAS
|
1
|
31
Desember 2014 - 27 Februari 2015
|
Mengagenda
Proposal yang masuk dan pemberian nomor agenda pada proposal
|
Nur
Achrianto
|
Tabel 3.1. : Menangani Proposal yang masuk diKasi Pelayanan Umum
3.1.2.
Kasi Pemerintah
Tugas
utama penulis dikasi pemerintah adalah melayani masyarakat dalam pembuatan E-KTP,KK,
Pindah penduduk serta mengagenda nama-nama yang membuat E-KTP,KK pindah
penduduk. Penulis juga melayani dalam mengambilan E-KTP dan KK serta melayani
masyarakat yang ingin mengaktifkan E-KTP dan Perekaman E-KTP.
Penulis
juga diminta untuk membuat surat, meregister kk yang dibuat, serta mencatat
kembali orang yang membuat E-KTP dalam 1 minggu yang nantinya akan disetorkan keDISDUKCAPIL.
Dalam
pembuatan E-KTP bagi pemula yang belum pernah melakukan perekaman terlebih
dahulu jika sudah pernah melakukan perekaman tidak perlu melakukan perekaman
lagi.
Berikut
ini adalah proses pembuatan
E-
KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Kelurga) :
Masyarakat
pemohon KTP / KK meminta
surat pengantar terlebih dahulu dari RT/RW kemudian datang
ke kantor kelurahan atau desa dengan membawa surat pengantar dari RT / RW dan
lampiran persyaratan sebagai berikut :
1.)
Bagi pemohon pembuat E-KTP baru:
a.)
Surat
Pengantar dari Desa
b.)
Foto kopi akta kelahiran atau Foto kopi Ijazah
c.)
Foto kopi KK
d.)
Foto
berwarna 3x4 2 lembar
e.)
Jika
terjadi perubahan dilampiri data pendukung
2.)
Bagi pemohon yang Perpanjang / hilang E-KTP :
a.) Surat
pengantar dari desa.
b.)
Membawa KTP lama.
c.)
Foto
kopi KK
d.)
Foto
berwarna 3x4 2 lembar
e.)
Jika
mengalami perubahan data dilampiri data pendukung dan meminta surat pernyataan
dari desa yang bermaterai 6000
f.)
Jika
terjadi kehilangan meminta surat kehilangan dari POLSEK
1)
Pecah KK atau Tambah anggota keluarga :
a) Membawa kk asli yang sudah disetempel dari desa
b) Meminta blanko pembuatan kk baru
c) Jika tambah anggota keluarga dilampiri dengan surat
kelahiran dari desa / akte kelahiran
d) Jika menghilangkan anggota keluarga yang sudah
meninggal dilampiri dengan surat kematian dari desa
e)
Jika
mengalami perubahan data dilampiri data pendukung dan meminta surat pernyataan
dari desa yang bermaterai 6000
f)
Jika
terjadi kehilangan meminta surat kehilangan dari POLSEK
Gambar 3.2. : Kegiatan di Kasi Pemerintah
NO
|
TANGGAL PEMBERIAN TUGAS
|
KEGIATAN
|
YANG
MEMBERI TUGAS
|
1
|
2
Januari 2015 - 27
Februari 2015
|
-
Mengagenda pembuatan
KK dan KTP
|
Hariyono
|
2
|
5
Januari 2015 - 23 Februari 2015
|
-
Meregister kk yang
dibuat
|
Nuryana
|
Tabel 3.2. : Rekap kerja Kegiatan di kasi Pemerintah
3.1.3. Bagian
Sekretariat
Tugas Penulis dibagian sekretariat adalah menangani suratmasuk dan keluar, meneruskan suarat masuk dan keluar. Menangani
Telepon yang masuk dan Fax, mengarsip Surat, mendata Pegawai dalam buku
kepegawaian, mendata inventaris barang, mencatat surat yang masuk dan keluar.
Penulis dalam menangani surat masuk yaitu memberikan
lembar disposisi pada surat kemudian diberikan kepada bapak camatuntuk kemudian
diteruskan ke sekretaris camat setelah surat turun diberikan kartu kendali dan
diteruskan kepada unit pengolah atau kasi yang dituju dalam lembar disposisi.
Untuk
surat keluar penulis diminta untuk mengetik dan dikoreksi lagi oleh staf pada
bagian sekretariat setelah itu penulis mencatat dalam surat keluar dicatat
dalam memberikan kepada bapak camat untuk dikoreksi dan pemberian tanda tangan,
setelah surat turun kemudian penulis memberikan
nomor agenda.
Gambar 3.3. :
Kegiatan di bagian sekretariat
NO
|
TANGGAL
PEMBERIAN TUGAS
|
KEGIATAN
|
YANG
MEMBERI TUGAS
|
1
|
7
Januari 2015 - 26 Februari 2015
|
· Membuat surat
|
Selmi Fristiwati
|
2
|
7 Januari 2015 - 26
Februari 2015
|
·
Menulis alamat yang
dituju dalam amplop surat
|
Zumaroh
|
Tabel
3.3. : Rekap Kerja dibagian
Sekretariat
3.2.Masalah atau Problem Yang Dihadapi
:
Dalam
pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin), dengan rasa syukur kami haturkan
kepada yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Penulis tidak mengalami hambatan dan rintangan apapun yang dapat menggagalkan proses Praktik Kerja Industri (Prakarin). Hal ini dikarenakan praktikan mampu memposisikan diri dengan baik dan profesional sebagai karyawan profesional harus memiliki dan memahami hal-hal sebagai berikut, yaitu :
Penulis tidak mengalami hambatan dan rintangan apapun yang dapat menggagalkan proses Praktik Kerja Industri (Prakarin). Hal ini dikarenakan praktikan mampu memposisikan diri dengan baik dan profesional sebagai karyawan profesional harus memiliki dan memahami hal-hal sebagai berikut, yaitu :
a.
Memiliki Etos Kerja Tinggi
Setiap
karyawan atau pegawai harus memiliki etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan
tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan perusahaan.
b.
Kedisiplinan Kerja
Yang dimaksud
disini karyawan atau pegawai harus memiliki kedisiplinan kerja yang tinggi,
baik waktu maupun kedisiplinan peraturan-peraturan yang ada diperusahaan.
Adapun
secara spesifik masalah yang dihadapi ada dua macam :
1.
Masalah atau problem individu
Adapun
masalah atau problemnya yaitu kurangnya persiapan yang dimiliki penulis,
sehingga kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki penulis kurang, yang
mengakibatkan penulis kesulitan dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh
tutor perusahaan.
2.
Masalah atau problem sosial
Problem
sosial adalah problem yang terjadi diluar personal praktikan, yaitu interaksi
sosial antara praktikan, pimpinan, dan karyawan perusahaan selama kegiatan
Praktik Kerja Industri (Prakerin) berlangsung. Dalam hal ini ada beberapa
masalah atau problem yang terjadi adalah :
1.
Masalah atau Problem Terhadap Sesama
Praktikan
Dikarenakan
adanya perbedaan persepsi, pengetahuan dan kemampuan, yang kadang muncul dalam
melaksanakan tugas yang diberikan oleh tutor perusahaan.
2.
Masalah atau Problem Praktikan Terhadap
Tutor Perusahaan
Mungkin
bukan suatu masalah atau problem yang mendasar dan besar, tetapi penulis merasa
adanya kesenjangan dan sosialisasi yang dirasa malu-malu untuk berhubungan
dengan yang lainya. Memang hal ini karena adanya sifat yang terlihat dalam diri
penulis dan dari pihak perusahaan, sehingga dirasa kurang memperhatikan dan
acuh ketika bertemu dan lain sebagainya.
Problem
solving yang Mengatasi Masalah atau
Problem Solving
harus dilakukan terhadap masing-masing
problem tersebut adalah :
1.
Problem Solving Terhadap Masalah atau Problem
Individu
Demi
terwujudnya kesuksesan yang akan dicapai dalam proses Praktik Kerja Industri
(Prakerin), praktikan selalu membuka diri terhadap kritik dan saran yang
membangun. Kepercayaan diri yang tinggi harus diseimbangkan dengan yang selalu menambah pengetahuan dan
kemampuan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Hal ini akan membantu untuk
melaksanakan tugas yang diberikan.
2.
Terhadap Tutor Perusahaan
Guna
mencapai jalan terbaik yaitu dengan cara mencoba sedikit demi sedikit untuk
membiasakan diri bersosialisasi dengan tutor dan karyawan perusahaan baik
melalui saling sapa, berjabat tangan (bersalaman), dan lain sebagainya.
BAB IV
PENUTUP
4.1.
KESIMPULAN
Dalam melaksanakan Praktik Kerja
Industri (PRAKERIN) di kantorKecamatan Kembang, penulis dapat memberi
kesimpulan sebagai berikut :
1.
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) yang penulis lakukan adalah terjun lapangan
dalam dunia usaha atau kerja dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang didapat
dari sekolahan.
2.
Dengan melaksanakan program ini
diperlukan kerja keras baik tenaga,fikiran,kesabaran, keuletan dan sarana
prasarana yang menunjang di antaranya program ketrampilan yang dimiliki oleh
penulis.
3.
Setelah siswa terjun langsung ke dunia
industri atau kerja barulah terasa bagaimana pentingnya pengetahuan dan
ketrampilan dalam menjalani ketatnya persaingan di dunia kerja atau dunia
usaha.
4.
Adapun proses praktik industri yang
penulis laksanakan di kantor Kecamatan Kembangtentulah masih belum cukup
sebagai bekal untuk terjun langsung di dunia usaha atau kerja,mengingat
pengetahuan dan ketrampilan di dunia usaha yang penulis peroleh masih kurang.
4.2.
SARAN
Ada
beberapa hal yang perlu disampaikan secara konstraktif kepada kedua belah pihak yang bekerjasama
dalam pelaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini, demi perbaikan dan
pengembangan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di masa yang akan datang.
1) Kepada
pihak penyelenggara Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) SMK Kholiliyah Bangsri.
a.
Demimenghasilkan out put Praktik Kerja
Industriyang berkualitas,hendaknya SMK Kholiliyah Bangsri jurusan Administrasi
Perkantoran menjaring siswa yang layak praktik dengan menggunakan penilaian
standar kelayakan yang kualitatif.
b.
Siswa yang akan di turunkan di lapangan
hendaknya dipersiapkan secara matang,termasuk kemampuan akademis yang khususnya
pada bidang keahlian dan mental yang harus di perhatikan.
c.
Dalam hal pembekalan kiranya
dipersiapkan jauh-jauh hari,agar praktikan dapat menyiapkan segala sesuatunya
dengan baik.
d.
Khususnya untuk guru
pembimbing,selayaknya dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan penuh
dedikasi dan tanggung jawab kepada siswa yang mengikuti Praktik Kerja Industri
dengan memonitoring setiap minggunya agar mengetahui masalah apa yang di
hadapi.
2) Kepada
Kantor Kecamatan Kembang
a. Meningkatkan
sumber daya manusia
Maka dalam hal ini perusahaan sebaiknya
meningkatkan kualitas kinerja karyawan dengan cara membimbing dan memberikan
pelatihan yang sesuai dengan kualitas keahlian yang diinginkan perusahaan.
b.
Meningkatkan kualitas pelayanan
Dalam hal ini perusahaan sebaiknya
meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dengan cara selalu ramah
dalam pelayanan, selalu senyum, dan menjadikan seorang yang dilayani adalah
raja.
c.
Harus ada hubungan yang harmonis antara
karyawan yang satu dengan karyawan yang lain.
d.
Harus datang dan pulang bekerja pada
jam-jam yang sudah di tentukan atau tepat waktu.
e.
Harus ada kekompakan dalam bekerja.
f.
Harus bisa menjadi seorang pekerja yang selalu
SIAP (Sistematis,Ikhlas,Akuntabel,Profesional)
g.
Harus dapat bekerja dengan sebaik
mungkin dan dapat mempertahankan unit-unit yang sudah berjalan dengan baik dan
semoga selalu menjadi yang terdepan.
3) Kepada
siswa-siswi SMK Kholiliyah Bangsri yang melaksanakan pengalaman Praktik Kerja
Industri (Prakerin) yang akan datang :
a. Melakukan
persiapan yang lebih baik dan menambah wawasan yang berhubungan dengan bidang
pekerjaan pengalaman Praktik Kerja Industri(Prakerin).
b.
Pembentukan dan pembinaan kelompok yang di
lakukan secara matang agar terjalin kekompakan antar anggota kelompok.
4.3.
Kata Penutup
Dengan mengucapkan Puji Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat
Allah SWT, berkat Rakhmat dan Hidayah-Nya serta dorongan kemauan dan kesadaran
yang diberikan kepada penulis hingga selesainya laporan ini.
Meskipun berbagai kesulitan dan hambatan yang penulis hadapi, namun
penulis terus berusaha agar laporan ini dapat selesai dengan baik, maka dari
itu penulis mengharapkan kritik dan saran, agar dapat membangun laporan ini
dengan baik dan bisa menjadikan laporan ini bermanfaat bagi pembaca.
Amin
Ya Robbal A'lamin…………
DAFTAR
PUSTAKA
Fairudin, Fahmi.
(2012). Laporan Hasil Praktik Kerja
Industri. SMK Islam Kholiliyah
Sintia
Sari, “Buku Panduan Kegiatan Prakerin” SMKN 3 JEPARA
Yohanis Rampa, LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI CV. DUNIA KOMPUTER,http://id.netlog.com/putujaya/blog/blogid=15521
IDENTITAS SISWA
Nama Siswa :
Nisa’ul Musfidah
Kelas/program keahlian :
XI AP
Tempat/Tanggal Lahir :
Jepara,31 Mei 1998
Jenis Kelamin :
Perempuan
Golongan Darah :
B
Nomor Induk Siswa :
13.234
Nomor Induk Siswa Nasional :
9980919172
Sekolah :
SMK KHOLILIYAH
Alamat :
Mbaleromo Dk Banjarsari 3/IV WedelanBangsri-Jepara
No. Tlp./Fax : (0291) 771897
Catatan Kesehatan :
Sehat
Nama Orang Tua/wali :
Sukar
Alamat Orang Tua/wali :
Kancilan 2/4 Kembang Jepara
No tlp. Orang Tua/wali :
082327308836
|
Jepara, 20 Maret 2015
Nisa’ul Musfidah
IDENTITAS
INSTANSI
1. Perusahaan
/ instansi : Kantor
Kecamatan Kembang
2.
Alamat :Jl. Raya Jepara- Keling Km 22 Kembang Jepara
3. No
Telp / Fax : 0291
- 7730082
4. Nama
Pimpinan : Muhammad
Syafi’I,SH
5. Pembimbing : 1. Haryono
2. Nuryana
3. Nur Achrianto
4.
Zumaroh
5.
Sutarno,SE.MM
LAPORAN KEGIATAN SISWA
PRAKTIK KERJA INDUSTRI SMK KHOLILIYAH BANGSRI
NAMA
DU/DI : KECAMATAN KEMBANG
PERIODE/TAHUN :
2014/2015
NO
|
Hari, Tgl Pelaksanaan
|
Jenis Kegiatan Siswa
|
Yang Memberi Tugas
|
1
|
Senin,
29 Desember 2014
|
·
Membuat Amplop
|
Haryono
|
2
|
Selasa, 30Desember 2014
|
·
Menata Arsip KK dan Pindah/ datang penduduk
|
Untung
Sutarno
|
3
|
Rabu, 31 Desember
2014
|
·
Mengagenda Proposal yang masuk
·
Mengagenda Legalisir Surat
|
Fajar
|
4
|
Jum’at 2 Januari 2015
|
·
Mengagenda Legalisir surat
·
Melayani Pengambilan KTP dan KK
|
Nur
Achrianto
|
5
|
Senin, 5 Januari 2015
|
·
Melayani Pengambilan KTP dan KK
·
Mengagenda Proposal yang Masuk
|
Fajarwati
|
6
|
Selasa, 6 Januari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
7
|
Rabu, 7 Januari 2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP, KK dan Pindah /datang Penduduk
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Yusuf
|
8
|
Kamis, 8 Januari 2015
|
·
Mengagenda Proposal, SKCK dan
Legalisasi Surat lain
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Nur
Achrianto
Haryono
|
9
|
Jum’at 8 Januari 2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
10
|
Senin, 12 Januari
2015
|
·
Membuat Surat
·
Melayani Pembuatan KK, KTP dan
Pindah Penduduk
·
Melayani Pengambilan KTP dan KK
|
Haryono
Nuryana
|
11
|
Selasa, 13 Januari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Melayani Pengambilan KTP dan KK
|
Haryono
|
12
|
Rabu, 14 Januari 2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
13
|
Kamis, 15 Januari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
14
|
Jum’at, 16 Januari
2015
|
·
Melayani pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
15
|
Senin, 19 Januari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
16
|
Selasa, 20 Januari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
17
|
Rabu, 21 Januari 2015
|
·
Mengagenda Suarat Masuk
·
Mengagenda Pembuatan KTP danKK
·
Membuat Amplop
·
Melyani Pembuatan KTP dan KK
|
Selmi
Haryono
|
18
|
Kamis, 22 Januari
2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Melayani Pembuatan KTP,KK dan
Pindah Penduduk
|
Haryon
Yusuf
|
19
|
Jum’at, 23 Januari
2015
|
·
Mengagenda Proposal
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Nur
Achrianto
Nuryana
|
20
|
Senin, 26 Januari
2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Proposal Dan SKCK
|
Nuryana
Nur
Achrianto
|
21
|
Selasa, 27 Januari
2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
|
Nuryana
Haryono
|
22
|
Rabu, 28 Januari 2015
|
·
Mengenda Surat Masuk dan Keluar
·
Memgagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Menerima Telephon
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
|
Selmi
Haryono
Sutarno
Nuryana
|
23
|
Kamis, 29 Januari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Memgagenda Pembuatan KTP, KK dan
Pindah/datang Penduduk
|
Haryono
|
24
|
Jum’at, 30 Januari
2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Suarat Masuk
|
Haryono
Zumaroh
|
25
|
Senin, 2 Februari
2015
|
·
Menagenda Surat Masuk dan Keluar
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Selmi
Haryono
|
26
|
Selasa, 3 Februari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Surat Masuk dan Keluar
|
Haryono
|
27
|
Rabu, 4 Februari 2015
|
·
Mencatat Nama Pegawai dalam Buku
Kepegawaian
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Menerima Telepon
|
Selmi
Haryono
|
28
|
Kamis, 5 Januari 2015
|
·
Membuat Surat
·
Mengagenda Pembuatan KK dan KTP
|
Haryono
|
29
|
Jum’at, 6 Februari
2015
|
·
Menerima Surat Masuk dan Mencatatnya
dalam Kartu Kendali
·
Melayani pembuatan KTP, KK dan
Pindah/datang Penduduk
·
Mendata Pembuatan KTP yang
diberikan ke DISDUKCAPIL
|
Selmi
Haryono
|
30
|
Senin, 9 Februari
2015
|
·
Menerima Surat Masuk dan
Meneruskannya
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Selmi
Haryono
|
31
|
Senin, 16 Februari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK /
Pindah Datang Penduduk
·
Mengagenda Proposal dan
Legalisasi Surat
|
Yusuf
Nur
Achranto
|
32
|
Selasa, 17 Februari
2015
|
·
Melayani Pembuatan KTP, KK dan Pindah/Datang
Penduduk
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
33
|
Rabu, 18 Februari
2015
|
·
Mengarsip KK
·
Melayani Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Menginput data Pembuatan KTP
|
Nuryana
Haryono
|
34
|
Jum’at, 19 Februari
2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Mengagenda Proposal
|
Yusuf
Nur
Achrianto
|
35
|
Senin, 23 Februari
2015
|
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
·
Menaggenda Proposal
|
Haryono
|
36
|
Selasa, 24 Februari
2015
|
·
Mengarsip KK
·
Menaggenda Pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
37
|
Rabu, 25 Februari 2015
|
·
Menagagenda Pembuatn KTP dan KK
|
Yusuf
|
38
|
Kamis, 26 Februari
2015
|
·
Melayani daftar Hadir dalam rapat
·
Mengagenda pembuatan KTP dan KK
|
Haryono
|
39
|
Jum’at, 27 februari 2015
|
·
Menagenda Proposal, SKCK
·
Mengagenda Pembuatan KTP dan KK
|
Nur
Achrianto
Haryono
|
Pembimbing DU/DI
Muhammad Syafi’i,SH
NIP: 19630620 199012 1 001
Dengan
ini menerangkan :
1. Nama : Nisa’ul Musfidah
2. NIS : 13.234
3. NISN : 9980919172
4. Tempat
PI : Kecamatan Kembang
Telah
menyelesaikan laporan praktik kerja industri (PRAKERIN) periode 2014/2015. Oleh
karena itu laporan yang bersangkutan untuk bisa diterima.
Jepara, 20 Maret2015
Pembimbing Monitoring Pembimbing Laporan
[1]
Yohanis Rampa, LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI CV. DUNIA KOMPUTER,http://id.netlog.com/putujaya/blog/blogid=15521
. Pada tanggal 12 Februari 2015 pukul 13.30 Wib
[2] Sintia
Sari, “Buku Panduan Kegiatan Prakerin” SMKN 3 JEPARA
laporan yang sempurna
BalasHapusSangat bermanfaat 👍
BalasHapussangat bermanfaat Bagi semua orang
BalasHapusHai kak
BalasHapusKlo boleh tau apa judul laporan itu kak
Terima kasih banyak dan bisa membantu yang lain dalam pembuatan laporan pki
BalasHapus